Rabu, 30 Juni 2010

Muse : The Resistance



Photobucket
Band asal Devon, Inggris yang fenomenal ini telah mengeluarkan lima album yaitu Showbiz [1999], Origin Of Symmetry [2001], Absoulution [2005] dan Black Holes & Revelations [2007] mereka telah mengeluarkan album terbaru berjudul The Resistance. Album ini mendapat atensi positif dari publik mendapat posisi 3 di US Billboard 200 dan menjadi jawara di negerinya sendiri yaitu Inggris.
The Resistance dibuka dengan “Uprising“. Track selanjutnya “Resistance” yang bernuansa dark dengan opening yang mengingatkan pada beberapa score film dengan dentingan piano dan permainan drum plus aroma indie rock yang orkestratik, cukup enak didengar meskipun bakal sedikit bosan karena kepanjangan dgn durasi 5:46. Di “Undisclosed Desire” seakan mereka berproduserkan seorang Timbaland (tapi untuk bagian artis rock). Arwah “Bohemian Rhapsody” dari Queen merasuk pada “United States Of Eurasia”, dimana piano klasik dan distorsi gitar mendominasi lagu, Matthew Bellamy seolah menjadi Freddie Mercury so orchestra dan pantas dijadikan single karena lagu ini mempunyai unsur ear catchy (sebelumnya mereka memutuskan single ini yang akan menjadi single pertama tapi diganti jadi “Uprising”).
Jangan lupa di ada permainan classic piano dari Matthew Bellamy (mengambil part dari Chopin) yang dilabeli “Collateral Damage”.” Guiding Light”, menunjukkan kemegahan nuansa orkestra dengan dibumbui distorsi gitar yang terus bikin gaduh di lagu. Jika pernah mendengar album Erwin Gutawa yang Rockestra pasti bisa menerima lagu ini. “Unnatural Selection”, menunjukkan sisi dark di 35 detik pertama sebelum dihajar dengan raungan space rock/industrial rock ala Nine Inch Nails atau Koil lalu berubah lagi menjadi slow rock ala Guns N’ Roses dan penutupnya adalah bagian Muse yang biasa mereka lakukan di album sebelumnya, ada beberapa bagian “Invincible” yang dicomot di sini, mendengarkan lagu ini berasa melihat sebuah epik kisah opera.
Jika ingin mendengar Muse yang sebenarnya ada di “MK Ultra”,track ini pasti disukai oleh para penggemar Muse yang biasa mendengarkan Muse memainkan progressive rock ada noise dari efek gitar di ending lagu ini.Mengambil karya teater Samsons & Dellilah di “I Belong To You/Mon Coeur S’ouvre A Toi”. Talking about the track, di bagian awal lagu ini terasa sekali nuansa latinnya, seolah mereka dibantu oleh Ryhtm Del Mundo pada pengerjaan lagu ini. Pada pertengahan lagu mereka bermain dengan sendu dan orkestratik apalagi ada part yang benar-benar disajikan secara megah seolah menjadi soundtrack sebuah pagelaran opera yang kolosal, suara Matthew Bellamy di part ini amat lirih dan jazzy sebelum akhirnya kembali ke nuansa latin tadi.
Masuk pada tahap simfoni ala Muse yang dinamai “Exogenesis Symphony”. Pada “Part 1:Overture” nuansa opera disini memang megah,bayangkan jika semua instrumen orkestra bergabung dengan kesenduan yang dalam, this track was very mellow. “Part 2:Cross Polination” sama sendunya dengan “Part 1:Overture” but more slower than before dan penutupnya “Part 3:Redemption” sama classicalnya dengan 2 part sebelumnya.Mendengarkan “Exogenesis Symphony” sama saja mendengar part-part simfoni dari komposer klasik seperti Bach, Beethoven, Mozart dan beberapa komposer klasik lainnya.
Overall, album terbaru Muse kali ini memang kurang begitu enak apalagi dibandingkan dengan album mereka sebelumnya yaitu “Black Holes And Revelations” yang bisa menggabungkan rock yang berat tanpa merusak sisi jualan mereka. Ada beberapa track yang buat pendengar awam pasti bakal susah dicerna tidak seperti album terdahulunya yang gampang dicerna. Menurut saya album ini adalah sisi eksperimental dari mereka cuman bertemakan rockestra (rock + orcestra). Well, jika ingin mendengarkan Muse yang bermain di wahana bernama orkestra atau ingin melihat a different Muse album ini direkomendasikan.
Track List:
1. “Uprising” – 5:02
2. “Resistance” – 5:46
3. “Undisclosed Desires” – 3:56
4. “United States of Eurasia (+Collateral Damage)” – 5:47
5. “Guiding Light” – 4:13
6. “Unnatural Selection” – 6:54
7. “MK Ultra” – 4:06
8. “I Belong to You (+Mon cœur s’ouvre à ta voix)” – 5:38
9. “Exogenesis: Symphony Part 1 (Overture)” – 4:18
10. “Exogenesis: Symphony Part 2 (Cross-Pollination)” – 3:56
11. “Exogenesis: Symphony Part 3 (Redemption)” – 4:37

source : http://creativedisc.com/reviews/album-of-the-day/album-of-the-day-muse-the-resistance/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar