Selasa, 21 Februari 2012

Temple Grandin (Seorang Autis Bergelar Doktor)

Beberapa hari yang lalu, kayanya seminggu yang lalu pas pulang kerja, terus mampir ke rumah orang tua mau jemput Lauri aku ngga sengaja nonton film Temple Grandin di HBO. 

Temple Grandin Movie

Awalnya sih agak membosankan karena aku ngga nonton dari awal. Tapi pas pertengahan aku mulai tertarik dengan si tokoh utama. Koq unik gitu, aku langsung ngeh sepertinya tokoh ini memang unik dan beda. Dari gesture dan cara berbicaranya pun akan langsung tahu kalau si Temple ini punya keterbatasan. Dia seorang wanita yang mengidap autis. Sampai akhir film, aku di buat ber -ooh sepanjang film.

Film ini sangat menginspirasi. Meskipun dia memiliki keterbatasan, tapi ternyata di punya kelebihan yang sangat luar biasa, yang orang lain pun mungkin tidak akan percaya ia mampu melakukannya. Dia berhasil mendapatkan gelar doktor ilmu kehewanan (aku kurang merhatiin apa istilahnya), dia juga menciptakan suatu metode untuk diterapkan di tempat penjagalan hewan. Kalau ngeliat filmnya pas si Temple lagi gambar-gambar alat yang mau dia buat dan diterapin di lahan di tempat penjagalan, aku sampe bengong. Hebat! Yang lucu ada lagi pas Temple mau melakukan riset di peternakan, dan dia dilarang masuk sama petugasnya. Akhirnya dia nekat jual mobil dan diganti sama mobil pick up besar kotor dan dia nyamar jadi jurnalis supaya dizinin masuk. Kocak dan jenius banget akalnya. 

Aku fikir ini awalnya hanya film fiktif, tapi pas di ending filmnya, ada sekilas tentang tokoh si Temple ini ternyata adalah kisah nyata. Dan Tokoh nyata. Temple Grandin adalah seorang innovator, aktivis, penulis dan juga seorang yang mengidap autis.

Temple Grandin

Aku paling ngga bisa kalau di suruh me review lagi. Apalagi aku nonton film ini ngga dari awal. Jadi sori banget kalau review nya jelek dan tidak beraturan. Kayanya film ini cuma di puter di HBO. Entah sudah pernah di putar di televisi nasional atau belum.

Tapi yang jelas filmnya bagus. Recommended. Dan aku suka sekali dengan aktris yang memerankan tokoh Temple, Claire Danes. Akting nya pas banget, memerankan cewek gagah yang mengidap autis bener-bener bisa memerankan seorang yang autis. Padahal aslinya cantik dan emang sih agak keliatan tomboi sedikit.

Claire Danes

Kalau penasaran bisa liat trailer nya di mana lagi kalau bukan di youtube :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar